Sunday 25 July 2010

PERILAKU DAN PENAMPILAN ANDA

Bersikaplah untuk dapat menggembiarkan orang lain, sehingga anda juga semakin berbahagia.
Perilaku atau bagaimana bersikap, ternyata dapat mempengaruhi penampilan anda. Apakah penampilan anda terkesan lebih muda atau lebih tua dari usia anda, sangat dipengaruhi oleh cara bagaimana anda bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Dari berbagai penelitian, ternyata hidup dengan kejiwaan yang aktif dan penuh cita-cita (purposefull, mentally active) merupakan kunci yang dapat membuat penampilan anda tampak lebih muda. Berbagai sikap kejiwaan yang dapat mempengaruhi anda, antara lain sebagai berikut:

Wawasan
Adopt new beliefs. Perluaslah wawasan anda. Wawasan yang sempit membuat anda ibarat di dalalm sebuah lorong atau terowongan, pandangan anda sangat terbatas. Ada peribahas yang mengatakan, maaf, ibarat “katak dalam tempurung”. Sungguhpun usia kita bertambah, ternyata kita belum dewasa-dewasa juga. Hal itu disebabkan karena alam pikiran kita tertutup sehingga kita tidak bias berkembng. Alam pikiran yang tertutup akan mempercepat proses penuaan. Sebaliknya, alam pikiran yang terbuka (open minded), kesediaan menerima ide atau gagasan baru, justru dapat membantu penampilan yang lebih muda. Nabi Muhammad saw bersabda: “man aradaddunya fa’alaihi bil’ilmi, wa aman aradad akhirata fa’alaihi bil ‘ilmi wa man aradahuma fa ‘laihi bil ‘ilmi” (siapa yang menghendaki kebahagiaan dunia haruslah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan akhirat haruslah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya haruslah juga menguasai ilmu).

Ceria
Sikap ceria atau penggembira
Happy outlook ternyata juga mempengaruhi penampilan anda. Bersikaplah untuk dapat menggembirakan orang lain, sehingga anda juga semakin bahagia. Bila perlu, pelajarilah sikap orang lain yang selalu menampilkan kegembiraan dan berbicara sebgaimana mereka berbicara.


Pengendalian diri
Control your destiny. Nabi Muhammad SAW ketika ditanya oleh para sahabat tentang rahasia bahagia, menjawab singkat, (pengendalian kepribadian). Kemampuan mengendalikan diri terhadap ligkungan, dapat membuat umur lebih panjang dan hidup lebih bahagia. Berapapun usia anda, adalah sangat penting memiliki kemampuan untuk megendalikan diri. Dengan demikian, anda akan selalu menyadari apa saja yang sesungguhya berada diluar control anda, sehingga anda tidak perlu menyesali sesuatu yang diluar kemampuan anda.
Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang tertutup mata pikirannya.


Optimis
Expect the best. Firman Allah dalam yusuf :87 “…. Wa la taisu min rauhillah, innnahu la yaisu min rauhillah.” ( ...dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat allah melainkan kaum yang tertutup mata pikirannya ( kafir). Sikap optimis atau positive thinking (husnuz zan) ternyata sangat mempengaruhi penampilan anda. Sikap negative thinkingsering membuat orang sakit dan berumur ” pendek”. Dari sebuah penelitian terhadap 99 orang lulusan Universitas Harvard di AS selama 35 tahn, membuktikan bahwa mereka yang bersikap optimis ternyata memiliki status kesehatan yang lebih baik dibanding yang bersikap pesimis.


Tenang
Stop worrying. Jangan gelisah. Sikap gelisah bias berdampak negatif. Bil orang hidup dalam kegelisahan untuk waktu yang lama, ia akan selalu merasa ”sakit”. Demikian juga perasaan ”waswas” dan selalu pesimis. Karena itu, kita harus dapat menumbuhkan sikap yang tenang, yang dapat melihat sesuatu secara proposional. Dalam kepustkaan Islam, inilah yang disebut sikap qonaah, ikhlas menerima apa adanya. Apabila memang sesuatu tidak dalam waktu yang diinginkan, kita harus pasrah bahwa mudah-mudahan di lain kesempatan akan lebih baik. Bersikaplah rileks merupakan hal –hal yang penting menghadapi hal-hal yang memang belum tentu tercapai.


Dinamis
Manusia memang cenderung enggan berubah, people tend to resist to change, kata orang. Sebab, tentu ada kekhawatiran gagal. Apalagi kalau sudah merasa “enak”. Padahal, perubahan atau kemauan untuk selalu mencari kesempatan baru (new opportunity) sangat penting di dalam menciptakan kehidupan dinamis. untuk itu seorang pakar. Prof. Goulston dari AS menasehatkan, kalau khawatir menghadapi kegagalan, sebaiknya kita dapat melakukan bersama-sama dengan orang lain.

Persahabatan
Persahabatan atau ukhuwwah (intimate relationship), ternyata sangat penting, manusia dianjuarkan untuk mengenali lingkungannya, lingkungan sosial, dan teman atau orang lain, memiliki kehidupan bermasyarakat dan sosial yang baik, ternyata sangat positif. Keterikatan itu membuat manusia memiliki rasa aman serta kepercayaan yang baik bahkan merasa selalu muda
(Amanah/S/ The Australian Women’s Week, Januari 1996) edisi No. 5 april 1996.

No comments:

Post a Comment