Sunday 25 July 2010

Peluncuran Buku: Nunuk, Sekolah Tanpa Gedung

JAKARTA, KOMPAS - Menandai perjalanan selama 51 tahun jadi pendidik dan mencintai dunia pendidikan, Nunuk Murdiati Sulastomo, pada peringatan ulang tahunnya ke-69, meluncurkan buku Scrambled Egg is Delicious, Perjalanan Pecinta Pendidikan, Kamis (17/6) di Jakarta.

”Buku yang ditulis Nunuk merupakan pengalaman yang sangat berharga. Sebuah proses pembelajaran dalam serial kehidupan,” kata pakar pendidikan Itje Chodidjah, pada diskusi pembahasan buku yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas tersebut.

Membaca pengalaman Nunuk mengembangkan pendidikan karakter dan budi pekerti, lanjut Itje, Nunuk ibarat sekolah tanpa gedung dan peralatan canggih. Banyak pembelajaran untuk refleksi diri, yang bisa kita peroleh dari pengalaman Nunuk.

Letjen (Purn) Moetojib mengatakan, buku Crambled Egg is Delicious, Perjalanan Pecinta Pendidikan sangat bagus untuk acuan membangun budi pekerti. Banyak hal yang bisa diambil dari pengalaman 51 tahun Nunuk menjadi pendidik.

”Dalam buku tergambar bahwa mengajar, mendidik, dan memimpin adalah bagaimana mengelola hati nurani,” ujar Moetojib.

Selain peluncuran buku dan diskusi buku, para anak didik dan guru dari TK, SD, SMP, dan SMA Dian Didaktika juga mempersembahkan pertunjukan seni tari, musik angklung, dan nyanyian.

Yang menarik, anak-anak TK mampu menampilkan tari Saman dengan serempak walau tingkat kesulitannya tinggi. Dan, anak-anak SMP menyajikan lagu-lagu daerah dalam instrumen musik angklung. Nunuk pun menyanyikan beberapa lagu. (NAL)

Sumber: Kompas, Jumat, 18 Juni 2010

No comments:

Post a Comment